.

.

MAU PANJANG UMUR?.. MILIKILAH GAYA HIDUP SEDERHANA

Panjang umur merupakan impian semua orang, dan itulah alasannya mengapa setiap ulang tahun dirayakan (bagi teman - teman yang merayakan ) hampir selalu lagu abadi ini dinyanyikan "panjang umurnya3X serta mulia, serta mulia serta mulia, begitu kira kira lagu yang sering kita dengar setiap seremonial ulang tahun.


Para ilmuan selalu tidak lepas dari sifat ingin tahu yang mendalam, maka pada tahun 1979 para ilmuan dari Cardiff University mengumpulkan setidaknya 2.500 relawan yang akan dijadikan sebagai obyek uji coba. nah para relawan ini kemudian diminta untuk mengikuti anjuran sederhana  para ilmuan tersebut seperti makan dengan baik, rajin olahraga, meninggalkan alkohol, menjaga berat badan tetap ideal dan menghindari merokok. tidak semua relawan ini bisa bertahan rupanya, akhirnya empat dekade kemudian hanya 25 orang relawan saja yang mampu bertahan untuk terus menjalankan nasehat para ilmuan, dan hasilnya ke 25 relawan ini memiliki kebugaran dan kesehatan yang lebih baik dari pada teman temannya yang telah yang menyerah.

Berdasar kenyataan diatas, akhirnya para ilmuan yang tergabung dalam The Longevity Science Pane menarik sebuah kesimpuylan sebagai berikut " peubahan gaya hidup sederhana, seperti jalan kaki secara teratur, mengurangi gula, garam dan lemak, dan mengonsumsi obat-obatan khusus yang disarankan dokter bisa memperpanjang hidup".

 Saking yakinnya, para ilmuan ini memberikan garansi bahwa jika manusia mau menjalankan pola hidup yang sehat sabagaimana yang mereka anjurkan di atas, maka manusia memiliki harapan hidup rata - rata sampai usia 80 - 84 tahun, bahkan jika beruntung bisa sampai 120 tahun !! mereka juga menambahkan bahwa penuaan bisa diubah atau di cegah dengan merubah perilaku hidup kita selama ini, dari perilaku hidup tidak sehat menjadi gaya hidup yang sehat.

Sebagai seorang muslim, selayaknya kita merasa bangga bahwa sejak 1400 tahun lalu baginda nabi mengingatkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang baik (bergizi dan sehat) dan juga berkah (halal), selain itu kit juga dianjurkan untuk selalu berolahraga, dilarang makan secara berlebihan, puasa dan lain - lain, sehingga tidak ada yang sia sia dari sunnah rasul yang ada.

manusia hanya bisa berikhtia dan pada akhirnya, Jodoh, Usia, dan rizky Allahlah yang akan menentukan. dan Allah tidak akan pernah menyianyiakan setiap ikhtiar yang dilakukan oleh hambanya. (beritasatu)