.

.

TERLALU LAMA DUDUK DI DEPAN KOMPUTER SALAH SATU PENYEBAB TULANG KEROPOS

Duduk berjam - jam di depan monitor komputer saat ini merupakan pandangan yang biasa dan sangat umum. Bahkan hampir semua profesi yang ada saat ini mengandalkan kecerdasan komputer dalam menyelesaikan permasalahan perusahaan. tapi tahukah anda bahwa duduk berlama - lama di depan komputer merupakan salah satu penyebab tulang keropos. kesimpulan ini diambil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuan dari Norwegia. penelitian melibatkan sejumlah peria dan wanita, dan uniknya hasilnya berbeda. berikut ini berita selengkapnya


Penelitian dari Norwegia ini dilakukan pada 484 remaja laki-laki dan 463 remaja perempuan berusia 15 sampai 18 tahun. Mereka melakukan tes untuk melihat kepadatan tulang pada partisipan. Para partisipan juga ditanya mengenai kegiatan mereka selama akhir pekan dan aktivitas fisik yang mereka lakukan.

Diketahui bahwa remaja laki-laki menghabiskan lebih banyak waktu mereka di depan komputer atau peneliti dibandingkan dengan remaja wanita. Semakin lama remaja pria menghabiskan waktu mereka di depan komputer, semakin rendah pula kepadatan mineral dalam tulang mereka.

"Kepadatan mineral pada tulang adalah faktor yang paling efektif untuk memprediksi risiko terjadinya patah tulang di masa depan. Penelitian kami menunjukkan bahwa remaja laki-laki yang menghabiskan banyak waktu mereka di depan televisi atau komputer lebih berisiko mengalami kerapuhan tulang di masa depan," ungkap ketua peneliti Dr Anne Winther dari Arctic University of Norway, seperti dilansir ol eh Daily Mail (04/03).

Meski begitu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa efek terlalu lama duduk di depan komputer dan televisi lebih rendah pada remaja perempuan dan lebih berimbas pada remaja laki-laki. Remaja perempuan yang menghabiskan banyak waktu di depan televisi dan komputer masih memiliki risiko yang lebih rendah terkena kerapuhan tulang dibanding remaja laki-laki.

Sementara penelitian ini mengungkap adanya kaitan antara jumlah waktu yang dihabiskan di depan komputer dengan kepadatan tulang, namun peneliti menekankan bahwa tak ada hubungan sebab-akibat antar keduanya. Namun setidaknya penelitian ini bisa membuat remaja lebih waspada terhadap kebiasaan dan kesehatan tulang mereka.

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer, terutama dalam masa pertumbuhan ketika masih anak-anak dan remaja. Lakukan aktivitas fisik yang cukup setiap hari, tak hanya untuk mencegah obesitas melainkan juga untuk kesehatan tulang dan kebugaran.

Nah sudah saatnya kita harus menyadari bahwa tubuh kita harus banyak bergerak dan melakukan aktifitas fisik, selang beberapa menit usahakan lakukan hal hal lain yang membuat anda menggerakkan tubuh anda dan andapu akan menjadi lebih rilex.

Sumber : 
http://www.merdeka.com/sehat/terlalu-lama-duduk-di-depan-komputer-bikin-tulang-cepat-rapuh.html